PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SD NEGERI SAMATA
DOI:
https://doi.org/10.59060/1zrkr892Kata Kunci:
pengetahuan, PHBS, penyuluhanAbstrak
Pendidikan usia dini adalah fondasi penting dalam membentuk karakter dan kebiasaan seseorang. Salah satu aspek krusial yang perlu ditanamkan sejak dini adalah perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Anak sekolah dasar berada pada fase tumbuh kembang yang sangat aktif, di mana mereka mulai meniru, memahami, dan membangun kebiasaan sehari-hari yang kelak dibawa hingga dewasa. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pemahaman tentang nilai-nilai PHBS sejak dini melalui program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu meningkatkan pengetahuan siswa terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui kegiatan penyuluhan. Metode yang digunakan dalam penyuluhan ini menggunakan metode ceramah dengan pemutaran video animasi, diskusi serta pemberian pre-test dan post-test untuk mengevaluasi hasil dari penyuluhan yang dilakukan. Kegiatan yang dilakukan berjalan dengan lancar serta siswa sangat aktif dan antusias selama kegiatan berlangsung. Hasil dari pengukuran menggunakan pre-test dan post-tes menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan responden terkait PHBS sebelum dilakukannya penyuluhan dan setelah dilakukannya penyuluhan yaitu terjadi peningkatan pengetahuan PHBS pada siswa SD Negeri Samata. Diharapkan siswa dapat mempraktikkan langsung cara mencuci tangan yang benar, menggosok gigi dan kebiasaan hidup bersih lainnya serta melibatkan guru dan orang tua untuk memperkuat pesan PHBS agar kebiasaan tersebut tidak hanya berlangsung di sekolah saja tetapi juga di rumah.
Referensi
Akbar, F. et al. (2023) “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Sekolah Dasar,” Jurnal Sanitasi Profesional Indonesia, 4(01). Available at: https://doi.org/10.33088/jspi.4.01.44-53.
Arifah, R.N. et al. (2022) “‘Peningkatan Pengetahuan Siswa Sesudah Diberikan Penyuluhan Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri 02 Ngrombo,’” National Confrence on Health Sciene (NCoHS) [Preprint].
Harahap, A.Z. (2021) “Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini,” Jurnal Usia Dini, 7(2). Available at: https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585.
Hayati, N.S. and Hasibuan, R. (2020) “Potret Upaya Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru di Kecamatan Binjai Barat Kelurahan Sukaramai,” Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 5(2). Available at: https://doi.org/10.51933/health.v5i2.203.
Kusumawardani, L.H. and Saputri, A.A. (2020) “Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Pada Anak Usia Sekolah,” Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 10(02). Available at: https://doi.org/10.33221/jiiki.v10i02.514.
Mulyadi, M. Isra, W. and Chrisnawati (2022) “Efektivitas Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan,” Jurnal stikes cendekia utama, 3(2).
Pandeirot, A., Pinontoan, O.R. and Sondakh, R.C. (2025) “Gambaran Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa SD Inpres Liwutung Satu Di Kecamatan Pasan,” Jurnal Kesehatan Tambusai, 6(1), pp. 73–79. Available at: https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.40960.
Safriansyah Lubis, A. (2023) “Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Lingkungan SD IT Ashabul Kahfi Deli Serdang,” Berajah Journal, 3(1). Available at: https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.223.
Salim, M.F. et al. (2022) “Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Samigaluh Kulonprogo,” Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, 4(1). Available at: https://doi.org/10.22146/jp2m.51342.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dian Rezki Wijaya, Sukfitrianty Syahrir, Afifah Zafira, Dhea Adhelia, Farah Jilan Nasywa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
						
 
 