LITERASI BERBAGAI OBAT HERBAL DAN CARA TEPAT PENGGUNAANNYA UNTUK KESEHATAN

  • A Tenriugi Daeng Pine Akademi Farmasi Yamasi Makassar
  • Tahirah Universitas Islam Makassar
  • Yasnidar Universitas Islam Makassar
  • Sitti Fauziah Noer Universitas Islam Makassar
  • Mora Universitas Muslim Indonesia
  • Harningsih Karim Akademi Farmasi Yamasi Makassar
  • Irman Idrus Stikes Pelita Ibu
  • Dwi Sasongko Mardiono Stikes Buana Husada Ponorogo
  • Junaidin Stikes Amanah Makassar
Keywords: Herbal; Penggunaan; Aman; Bonto Perak; Pangkep

Abstract

Sistem pelayanan kesehatan tradisional merupakan bagian dari sistem kesehatan nasional. Saat ini kesehatan tradisional diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 103 tahun 2014 Tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional. Penggunaan tanaman sebagai obat telah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Hal ini menjadi warisan turun-temurun yang masih dapat ditemui dan masih dilestarikan di wilayah Indonesia. Salah satu wilayah Indonesia yang memiliki keragaman hayati adalah Pangkep (Pangkajene Kepulauan). Kekayaan alam ini dapat diinformasikan dan dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah Pangkep dan sekitarnya salah satunya sebagai bahan pengobatan. Adanya penggunaan tanaman obat (herbal) yang masih kurang tepat dapat memberikan efek samping terhadap kesehatan di masa depan. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan beberapa tanaman yang dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional dan penggunaannya yang aman dan tepat. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah dalam bentuk penyuluhan yang disertai dengan diskusi. Kegiatan ini memberikan dampak positif yakni adanya peningkatan pengetahuan masyarakat Kelurahan Bonto Perak Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep terhadap berbagai herbal dan penggunaannya yang aman dan tepat.

References

Achmad, A. (2006). KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN BERMANFAAT DI KAWASAN KARST MAROS-PANGKEP SULAWESI SELATAN ( Diversity of Useful Plant Species In The Karst Areas of Maros-Pangkep South Sulawesi ). Gunugn Sewu Indonesian Cave and Karst Journal, 2(1).
Kurnia, N., Jumadi, O., & Hiola, F. (2019). Atlas Tumbuhan Sulawesi Selatan. Jurusan Biologi FMIPA UNM. Pangkep: Jurusan Biologi FMIPA Universtitas Negeri Makassar.
Mufida, A. (2021). ( TOGA ) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMPUS KOTA PALEMBANG PENGELOLAAN TANAMAN OBAT KELUARGA ( TOGA ). Universitas Sriwijaya.
Pangkep, D. L. H. dan K. K. (2007). Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. Pangkep: Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.
Selatan, D. P. M. P. S. (2020). Profil Kabupaten Pangkajene Kepulauan ( Pangkep ). Retrieved October
Published
2023-11-14