ISOLASI DAN UJI ANTAGONIS FUNGI ENDOFIT BATANG BINAHONG (Anredera cordifolia (Tenore) Steen) TERHADAP Staphylococcus aureus dan Escherichia coli

  • Syachriyani Syachriyani UNIVERSITAS PANCASAKTI

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Isolasi Dan Uji Antagonis Fungi Endofit Batang Binahong (Anredera Cordifolia (Tenore) Steen) Terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.  Penelitian ini bertujuan mengisolasi fungi endofit dari batang Binahong (Anredera Cordifolia (Tenore) Steen) dan menentukan zona hambatan isolat fungi endofit terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.  Isolasi fungi endofit batang binahong steril dilakukan pada medium PDA, diinkubasi selama 7 hari , tampak pertumbuhan fungi endofit lalu dilakukan proses pemurnian hingga di peroleh dua isolate NH1 dan NH2. Isolat lalu di identifikasi secara makroskopik dan mikroskopik. Isolat lalu di fermentasi pada medium PDB selama 7 hari sambil dishaker untuk memperoleh metabolit sekunder isolat. Selanjutnya dilakukan uji antagonis terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.   Hasil uji antagonis menunjukkan isolate batang Binahong mampu menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus dan Escherichia coli dan mempunyai aktivitas bakterisid.

 

Kata kunci : isolasi, fungi endofit, Anredera cordifolia (Tenore) Steen, Antibakteri, Staphyloccocus aureus, Escherichia coli.

Published
2019-07-10