EFEK PEMBERIAN SEDUHAN SERBUK BIJI RAMBUTAN (Nephelium lappaceum L) TERHADAP PENURUNAN GULA DARAH MENCIT (Mus musculus)

  • Ermawati Ermawati Akademi Farmasi Yamasi Makassar

Abstract

Telah dilakukan Penelitian dengan Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah Seduhan Serbuk Biji Rambutan (Nephelium lappaceum L) dapat menurunkan  kadar gula darah dan berapakah konsentrasi  yang optimal menurunkan kadar gula darah pada mencit. Penelitian ini merupakan eksperimental laboratorium sungguhan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Mencit yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 15 ekor, kemudian dikelompokkan menjadi 5 kelompok dan di induksi dengan  glokusa 20% secara oral untuk menaikkan kadar gula dalam darahnya, 2 jam kemudian di ukur kembali darah Mencit untuk mengetahui kenaikan kadar gula darahnya, setelah 2 jam tiap kelompok mencit mendapat perlakuan, kelompok 1 sebagai kontrol positif diberikan Suspensi Metformin, kelompok 2 sebagai kontrol negatif diberikan Na. CMC 1%, kelompok 3, 4, dan 5 diberikan Seduhan Biji Rambutan dengan konsentrasi 10%, 15%, 20%. Analisis data menggunakan ANAVA satu arah dilanjutkan dengan uji Student Newman Keuls (SNK). Hasil yang diperoleh secara statistik melalui pengujian Student Newman Keuls (SNK) menunjukkan konsentrasi 20% merupakan konsentrasi yang optimal menurunkan kadar glukosa darah.

 

Kata Kunci : Seduhan Serbuk, Biji Rambutan, Hiperglikemia

Author Biography

Ermawati Ermawati, Akademi Farmasi Yamasi Makassar

Akademi Farmasi Yamasi Makassar

Panggkat : Asisten Ahli

Gol : 3B

References

Dwi,2014,Pembuatan Sediaan Granul Effervescent Biji Buah Rambutan (Nephelium lappaceum, L.) Sebagai Anti Diabetes, Jurusan Farmasi, Fakultas MIPA, Unpacti, Makassar.

Nur,2014,Peran Masyarakat dalam Mengendalikan Diabetes Melitus, Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Masyarakat.

Adella, 2013, Pengaruh Maserat Lidah Buaya (Aloe Vera) Terhadap Kadar Gula Darah Mencit (Mus musculus L.), Universitas Indonesia.

Nasii,2012, Asuhan Keperawatan Pada Ny. K Dengan Hiperglikemia Di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Moewardi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Trisusilo. 2014. Rambutanku berkhasiat. http://trisusiloc30305.wordpress.com. January 28th, 2014.

Riyani Limoa. 2013. Jurnal Kesehatan Gula Darah.http://www. Fakultaskedoktera n.com/2013/01/jurnal-kesehatangula-darah. January 14th, 2014.

Badan POM. 2014. Informatorium Obat Nasional Indonesia. Jakarta

Chin, L.K. 2006. Food Value of Roselle, Hibiscus sabdariffa tea. http://www. suagcenter.com/documents/HibiscusTea.pdf (12 November 2008)

Published
2019-07-23