TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PALAYANAN KEFARMASIAN DI APOTIK PUSKESMAS BAJENG KABUPATEN GOWA
Abstract
Telah dilakukan Penelitian tentang Kepuasan pasien merupakan suatu ukuran sebagai hasil penilaian perasaan pasien yaitu setelah membandingkan pelayanan kefarmasian yang diperoleh di apotek dengan harapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Puskesmas Bajeng Kabupaten Gowa periode tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan kuisioner sebagai instrument pengambilan data yang diberikan kepada 100 responden yang merupakan pasien rawat jalan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk subvariabel Ketanggapan Apoteker terhadap Pasien termasuk dalam kategori puas (62,66%), Keramahan Apoteker termasuk dalam kategori sangat puas (70%), Kejelasan Apoteker dalam Memberikan Informasi Obat termasuk dalam kategori puas (55,33%), Kecepatan Pelayanan Obat termasuk dalam kategori puas (63%), Kelengkapan Obat dan Alat Kesehatan termasuk dalam kategori puas (65,6%), Kenyamanan Ruang Tunggu termasuk dalam kategori puas (45,6%), Kebersihan Ruang Tunggu termasuk dalam kategori puas (65%), Ketersediaan Brosur, Leaflet, Poster termasuk dalam kategori puas (65%).