PENENTUAN ANGKA LEMPENG TOTAL BAKTERI PADA SEDIAAN SALEP EKSTRAK ETANOL KULIT BUAH PISANG AMBON LUMUT (Musa acuminata Colla)

  • A. Tenriugi Daeng Pine Akademi Farmasi Yamasi Makassar
  • Anita Andriani Akademi Farmasi Yamasi Makassar

Abstract

Kulit pisang merupakan salah satu kulit buah yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat. Salah satu varietas pisang yang sering dijumpai di Indonesia adalah pisang ambon lumut (Musa acuminata Colla). Khasiat dari kulit pisang ini antara lain meredekan nyeri pada luka bakar,mengatasi gatal pada kulit, mengobati kutil, dan mempercepat penyembuhan luka yang sudah mulai kering. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui nilai ALT bakteri yang terkandung dalam sediaan salep ekstrak etanol kulit buah pisang ambon lumut. Angka  lempeg total bakeri yang melebihi batas dari ketentuan BPOM RI 2014 dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat.

Penelitian ini menggunakan rancangan dengan pembuatan sediaan ekstrak kulit buah pisang ambon lumut dalam basis salep. Penelitian ini diawali dengan proses ekstraksi yaitu dengan metode maserasi selama 3 hari dengan menggunakan pelarut etanol 96%. Ekstrak cair kulit buah pisang ambon lumut  kemudian dipekatkan dengan menggunakan rotary evaporator pada suhu 65°C selama kurang lebih 2 jam,dan dibuat sediaan salep  serta ditentukan ALT bakteri yang terkandung didalam sediaan.

Hasil penelitian yang dilakukan pada salep ekstrak etanol kulit buah pisang ambon diperoleh nilai ALT 3,4 x 104. Hasil tersebut melebihi batas ketentuan yang dipersyaratkan BPOM tahun 2014.

Kata kunci: Salep,  Ekstrak Etanol Kulit  Buah Pisang Ambon Lumut,  ALT
Published
2018-07-31