Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan Pusat Jantung Terpadu (PJT) Rumah Sakit Umum Pusat DR Wahidin Sudirohusodo
Abstract
Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rawat Jalan Pusat Jantung Terpadu (PJT) Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Telah dilakukan penelitian mengenai Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rawat Jalan Pusat Jantung Terpadu (PJT) Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar periode Mei-Juli 2019. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Rawat Jalan Pusat Jantung Terpadu (PJT) Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi adalah seluruh pasien Rawat Jalan Pusat Jantung Terpadu (PJT) Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar periode Mei-Juli 2019 dan sampel yang diperoleh sebanyak 100 resopenden. Tingkat kepuasan diukur berdasarkan lima dimensi yaitu kehandalan, daya tanggap, empati, jaminan dan bukti fisik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata interpretasi skor sebesar 99,15% itu artinya masuk dalam kategori puas.