PEMANFAATAN BAHAN ALAM SEBAGAI ALTERNATIF KOSMETIK ALAMI PADA REMAJA

Utilization Of Natural Ingredients As An Alternative To Natural Cosmetics In Adolescents

  • Arief Azis
  • Harningsih Karim
  • Ermawati Akademi Farmasi Yamasi Makassar
  • Yuyun Sri Wahyuni
  • Muhammad Tahir
  • Maulana Zulkarnain Imansyah
Keywords: Bahan alam, Kosmetik Remaja

Abstract

Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengenalkan pemanfaaatan bahan alam sebagai alternatif kosmetik kepada remaja.Tampil cantik adalah dambaan remaja yang sedang tumbuh menuju dewasa. Pada masa ini, remaja lebih senang berdandan, karena itu, siswi remaja banyak yang menggunakan produk skin care dan kosmetik ke sekolah. Seiring perkembangan zaman, kosmetik merupakan kebutuhan sehari-hari. Melihat banyaknya para wanita gemar menggunakan make up, banyak produk kecantikan yang ditawarkan baik dari segi harga, tekstur, formula hingga jenis. Namun ada beberapa produk kosmetik yang aman untuk kulit remaja dan tidak baik jika tercampur dengan bahan kimia. Banyak kosmetik yang tidak layak beredar di pasaran saat ini karena mengandung bahan yang tidak diizinkan digunakan di dalam kosmetik dan tidak mempunyai nomor registrasi. Bahan tersebut antara lain merkuri, hidrokinon, dan asam retinoat. Kesadaran akan kandungan kimia yang berbahaya bagi wajah menjadi pertimbangan kuat banyak wanita yang beralih menggunakan kosmetik berbahan herbal. Dengan penggunaan bahan herbal, wajah cantik tanpa efek samping jangka panjang. Kosmetik alami adalah produk kecantikan tanpa bahan kimia berbahaya yang mudah dibuat. Ada beberapa bahan herbal dengan khasiatnya masing-masing dan banyak dijadikan untuk kosmetik, antara lain: Kumyit, Lidah Buaya, Tomat., Seledri. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom, dengan jumlah peserta 10 orang dari SMK Farmasi Manado. Pemahaman peserta dilakukan melalui diskusi pemahaman materi.

 

Kata kunci :Bahan alam, Kosmetik Remaja.

 

References

Anisfiani, W., Asyiah, L. N., & Sulifah Aprilya Hariani. (2014). ETNOBOTANI BAHAN KOSMETIK OLEH MASYARAKAT USING DI KABUPATEN BANYUWANGI SEBAGAI BAHAN AJAR POPULER Winda Anisfiani 16 , Iis Nur Asyiah 17 , Sulifah Aprilya Hariani 18. Pancaran, 3 No.3, 53–62.

Bashirah, D., & Putriana, N. A. (2019). Kosmetik Herbal yang Berpotensi Sebagai Pemutih Kulit Alami. Farmasetika.Com (Online), 4(4), 119–127. https://doi.org/10.24198/farmasetika.v4i4.23069

Hayati. (2014). ETNOBOTANI DI DESA BERINGIN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBUATAN FILM DOKUMENTER MANFAAT KEANEKARAGAMAN HAYATI.

Lismayanti, L., & Diputra, A. A. (2020). FORMULASI SEDIAAN LIP CREAM DARI SARI BUAH JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava L.) SEBAGAI PEWARNA ALAMI KOSMETIK. Jurnal Farmaku (Farmasi Muhammadiyah Kuningan), 5(2), 51–58. https://doi.org/10.55093/jurnalfarmaku.v5i2.138

Noviantina, E., Linda, R., & Wardoyo, E. R. P. (2018). Studi Etnobotani Tumbuhan Kosmetik Alami Masyarakat Suku Dayak Kanayatn Desa Sebatih Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak. Jurnal Protobiont, vol.7(1), hal. 61-68.

Sebagai, P., Di, K., & Muhammadiyah, S. M. A. (2016). PENYULUHAN PEMANFAATAN BENGKOANG DAN BIJI PEPAYA SEBAGAI KOSMETIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK.

Styawan, W., Linda, R., & Mukarlina. (2016). Pemanfaatan Tumbuhan Sebagai Bahan Kosmetik Oleh Suku Melayu Di Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah. Jurnal Protobiont, 5(2), 45–52.

Syairozi, M., Rosyad, S., & Pambudy, A. P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Pengguna Kosmetik Alami Beribu Khasiat Hasil Produk Tani Untuk Meminimalkan Pengeluaran Masyarakat Desa Wonorejo Kecamatan Glagah Kab.Lamongan. Empowering : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(August 2019), 88. https://doi.org/10.32528/emp.v3i0.2271

Tranggono, R. I. (2007). Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. PT Gramedia Pustaka Utama.

Published
2022-11-04